Minggu, 03 Mei 2020

Makna Di balik Stay At Home

Selalu ada dua sisi ketika sesuatu terjadi. Sisi baik dan buruk, sisi positif dan negatif. Kita sebagai manusia yang cenderung pada kebaikan, maka kita akan pilih dan melakukan hal-hal yang baik dan positif. Itu adalah fitrah. Jika yang terjadi adalah sebaliknnya, maka orang itu sudah menyalahi fitrahnya sebagai manusia. Dengan kata lain , orang tersebut sudah melanggar sunatulloh.

Agar kita tidak tergolong orang yang melanggar sunatulloh, maka lakukanlah hal-hal baik dan positif setiap waktu, kapanpun. Termasuk pada saat ini, saat covid 19 menyerang manusia di seluruh penjuru dunia. Pada saat kita dituntut stay at home, agar penyebaran covid terhenti. Sekarang ini, mau tidak mau orang dipaksa untuk melakukan perubahan perilaku. Diam di rumah, belajar di rumah, bekerja di rumah, dan beribadah di rumah. Tuntutan itu ada yang bisa dipenuhi oleh sebagian orang, ada juga yang tidak. 

Seharusnya ada yang berbeda yang kita dapatkan. Harus ada hikmah yang kita ambil dari segala keterbatasan yang terjadi. Di samping untuk mengusir kejenuhan mengisi waktu hari-hari di rumah, yang lebih penting lagi adalah bagaimana dengan wabah ini, kita bertambah ilmu, bertambah keterampilan, dan bertambah silaturahmi. Walaupun hanya melalui media sosial ataupun jejaring komunikasi lain yang selama ini mungkin belum kita manfaatkan.

Melalui stay at home, secara tidak langsung akan terseleksi secara alamiah siapa saja yang mengambil manfaat dari situasi ini. Yang jelas, mereka yang kreatif akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk dirinya dan untuk orang lain. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, di antaranya belajar melalui online. Hal-hal apa saja yang dipelajari tentu disesuaikan dengan minat, passion, atau kebutuhan kita masing-masing. semua ada dan bisa dilakukan secara online.

Seperti yang telah saya lakukan selama ini. Saya belajar Tahsinul Quran online, bahkan di tiga komunitas. Belajar menulis online, menulis buku, feature, artikel, di beberapa grup whatsapp. Juga belajar Bahasa Inggris melalui aplikasi atau dari youtube. Semua itu dilakukan untuk mengisi waktu stay at home dengan hal-hal yang bermanfaat. Kita tinggal memilihnya sesuai selera. Yang jelas, siapkan waktu, konsentrasi, dan kuota tentunya. Mari kita nikmati stay at home dengan enjoy and happy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar