Jumat, 01 Mei 2020

SAAT COVID -19 MELANDA DUNIA


Covid-19 menjadi musibah bagi dunia saat ini. Orang-orang ketakutan dan melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan diri dari bahaya Covid-19 ini. Pemerintah di setiap negara berusaha keras agar rakyatnya selamat dari wabah mematikan tersebut. Para ahli virus, para ahli farmasi, ahli kesehatan, dan semua yang merasa berkepentingan terhadap pemusnahan Covid-19 semua sibuk untuk mencari upaya bagaimana caranya wabah ini segera berakhir. 

Salah satu upaya yang dilakukan dalam pencegahan penyebaran Covid -19 ini adalah dengan social distancing. Sebagai akibat dari hal tersebut, maka semua kegiatan yang membuat orang berkerumun dan berkumpul diminimalisir atau bahkan kalau bisa ditiadakan. Untuk itu semua warga dihimbau untuk stay at home, belajar di rumah, bekerja di rumah, dan beribadah di rumah.

Setiap orang menyikapi situasi ini dengan cara dan passion masing-masing. Ada yang menerima dengan sabar dan tawakal. Ada juga yang seolah terkesan kurang sabar hingga melakukan hal-hal yang negatif. Tentu saja sikap yang terbaik adalah bagaimana dengan wabah ini setiap manusia seharusnya menerima dengan sabar, merenungi hikmah dibalik semua musibah ini, kemudian melakukan sesuatu yang berdampak positif baik bagi dirinya ataupun lingkungannya. Intinya, tetap berpikir positif, bersikap proaktif, dan melakukan tindakan produktif.

Saya sendiri lebih memilih untuk bersikap sabar dan memandang bahwa ini semua terjadi atas kehendak-Nya. Alloh Swt. maha berkehendak, berkuasa atas segala sesuatu. Yakinlah bahwa Alloh Swt memiliki tujuan yang baik dengan diturunkannya wabah ini. Kita sebagai mahluk-Nya harus mawas diri, perbaiki diri, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada-Nya. 


2 komentar: